Welcome to TM'z BLog

...................................................................................................................................................................

Sunday, May 23, 2010

Sistem Operasi Redhat Linux 9.0

Redhat linux merupakan desktop yang sangat popular dan banyak digunakan oleh pengguna linux. Redhat dikembangkan pada tahun 1995 oleh Bob Young dan Marc Ewing. Redhat memiliki pedoman instalasi yang sangat baik dengan tunjangan dokumentasinya yang dapat diperoleh dari internet. Apabila menemui kesulitan dapat dengan mudah mendapatkan dukungan user yang sangat banyak, serta komunitas pengguna redhat linux yang memiliki dan membentuk groups, mailing list, atau situs internet.

Perkembangan redhat versi 9.0 ini didukung oleh kernel 2.4.20 yang merupakan versi kenel yang dapat mendeteksi hampir seluruh hardware dan device komputer baru. Redhat 9.0 juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas aplikasi dan kemudahaan instalasi manajemen paket berbentuk rpm (redhat package manager) yang memungkinkan melakukan instalasi semudah di windows. Program rpm tersebut menyediakan berbagai paket yang terdiri dari aplikasi perkantoran semacam office, internet, database, dan sever, hingga aplikasi multimedia.

Redhat adalah salah satu distribusi linux yang memberikan kemudahaan dalam hal konfigurasi hardware dan pengaksesan beberapa perintah melalui tampilan yang akrab dan full grafis (GUI). Meskipun demikan, redhat memiliki keterbatasan dalam mengakses perintah-perintah tertentu dalam melakukan pendeteksian hardware secara otomatis, contohnya pada mounting dan melepas ikatan mount pada harddisk.

No comments:

Post a Comment